Jangan Lupa di Like dan Comment ya Guys

Masam Jeng Lezat...nyami

Written By Shintha Putri Sella on Sabtu, 22 Agustus 2015 | 03.49



   Masam Jeng adalah masakan gulai ikan khas Gayo. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan mujahir. Kalau ikan mujahir di pesisir Aceh yang kecil-kecil seukuran telapak tangan. Ikan mujahir di dataran tinggi Gayo umumnya berukuran besar, bahkan ada yang mencapai 1 kg per ekor. Dagingnya yang manis dan lembut menjadikan ikan ini pilihan utama pada beberapa masakan khas Gayo.

Ikan Mujahir dimasak dengan bumbu kunyit, cabai, bawang merah dan bawang putih. Penggunaan periuk dari gerabah akan memberikan hasil rasa yang lebih optimal. Yang menjadi pemberi cita rasa khas adalah daun gegarang, daun yang tumbuh di wilayah pegunungan Gayo dan andaliman/empan. Aroma khas gegarang dan sensasi kebas yang ditimbulkan empan di lidah, memberikan ledakan rasa yang tidak ditemukan pada gulai ikan biasa. Penambahan kacang koro memberikan rasa manis berlemak yang memperkuat dan melengkapi pengalaman istimewa menikmati gulai khas gayo ini.

Sajikan dengan nasi panas, dan ditutup dengan menikmati kopi arabica gayo yang melegenda. Waktu makan siang yang akan menjelma menjadi perjalanan wisata kuliner tersendiri.
Blog, Updated at: 03.49

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Twitter

Alexa Rank

Fans Page Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Pageview

Translate

Winnie The Pooh Bear Winnie The Pooh Bear

Footer 3